9 Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat

Loading blog yang lelet bisa membuat pengunjung blog anda kabur. Bahkan malas untuk mengunjungi blog anda lagi .Ini berbahaya lho?? Bisa-bisa blog anda gak berkembang trafiknya, terus lagi katanya blog yang lelet loadingnya paling di benci sama Search Engine.



Jadi percuma dong kalau selama ini kita optimasi SEO  tapi blognya gak di lirik sama google. Ehm tapi tenang aja, sekarang saya akan kasih tahu caranya, agar blog loadingnya 300% lebih cepat dari sebelumya .

1. Minimalkan Gambar: Sebaiknya sebelum anda memasang gambar di blog diminalkan dulu ukurannya dengan cara mengkompresnya, banyak kok software untuk mengkompres gambar, googling aja di google.
2. Minimalkan Iklan: Sebaiknya anda tidak memasang lebih dari 5 iklan di blog anda, karena iklan salah satu faktor terbesar yang membuat blog lemot apalagi kalau iklannya flash.
3. Minimalkan Posting Pertama: Yaitu dengan cara meminimalkan postingan yang tampil di blog anda agar tidak terlalu banyak tampil di halaman utama, ini bisa diatur dengan cara Masuk ke pengaturan => Format.
4. Minimalkan Widget: Sebaiknya Anda tidak perlu pasang widget yang berlebihan, dan bersifat flash.
5. Gunakan Template Yang Ringan: Contohnya seperti template yang saya pakai ini, hehe maksudnya template yang elegant dan tidak banyak pernak pernik, untuk rekomendasi ini ada template yang loadingnya fast dan SEO Friendly lagi silahkan masiuk aja disini .
6. Kompres Kode CSS: Ini bisa anda lakukan dengan cara mengcut kode CSS di blog anda kemudddian di kompres dengan Csscompresor dan mempaste ke blog anda lagi.
7. Perkecil Tumbnail: Kalau blog yang sudah pakai readmore saya rasa ini bukan masalah tapi kalau yang belum perlu segera pakai tuh.
8. Tempatkan sSdebar di Kanan: Asal-usulnya sih kalau blog yang sidebarnya di kiri itu sering lemot beda dengan yang di kanan, buktinya coba deh lihat blog ini.hehe
9. Minimalkan Label: Ini juga berpengaruh lho bila di teliti lagi ternyata blog yang terlalu banyak label loaingnya lebih lemot dari blog yang sedikit label, kemarin aja saya juga telah meminimalisasi label blog ini dengan alasan yang sama.
 Nah itulah 9 cara agar blog anda 300% lebih cepat semoga bermanfaat, kritik dan tambaahan saya tunggu lho, silahkan isi di kotak komentar ya.

28 Responses to "9 Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat"

  1. 1 lagi, kalau buat wordpress self host, servernya juga harus bagus!

    BalasHapus
  2. infonya keren abiss.. tanks yo, wajib di terapkan

    BalasHapus
  3. Yup saya setuju banget dengan apa yang disarankan diatas, cuman masalahnya bagi blog yang ingin memasarkan produknya, maka mau tidak mau dia harus menaruh beberapa banner dihalaman awal dan jelas akan memperlambat loading….

    BalasHapus
  4. @Mari : Makasih atas tambahannya mas

    @Wane noor : Makasih pujiannya

    @Andi :Ya memang sih ,tapi untuk mengakalinya bisalah dengan memisahkan blog promosi dengan blog pemsaran.

    BalasHapus
  5. Infonya keren wae mu dilanjut ah ngacak-ngacak blog nya :)

    BalasHapus
  6. di blog ini banyak sekali info menarik, makanya saya follow, tp follow balik dong ,.

    BalasHapus
  7. Thanx gan

    BTW numpang promosi ya gan
    http://galiestra.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. setuju banget,
    mantap bro,,,

    Nambahin bro ya.. edit HTML nya, hilangkan Semua spasi nya

    BalasHapus
  9. @bangdidont : hahaha,awas jangan acak-acak isinya aja yach

    @ashari : makasih ,udah ane follow balik tuh

    @callme : ya silahkan

    @iday : ya ,makasih tambahannya mas

    BalasHapus
  10. itu link yang rekomendasi template masih pake .co.cc bro.

    ada satu masukan lagi, selalu di cek kurus gemuk nya, kayak diet gitu. sebagai rekomendasi (bukan promosi ya), tapi krn blm ada yg posting seperti ini. baca disini:

    http://caraonline.blogspot.com/2011/08/sebuah-blog-juga-perlu-diet.html

    BalasHapus
  11. woow,,sesuatu banget ya..hehe
    sip,,makasih infonya.. :)

    BalasHapus
  12. Untuk kompres kode CSS, saya masih bingung dalam menerapkan hal ini coz saya pernah coba tuh hari tapi ada sedikit kendala malahan HTML blogq jadi error trus. Solusi akhirnya langsung ganti template lagi. :D

    BalasHapus
  13. dari membaca Tips Trik yang sobat kasih di atas saya akan coba...meminimalkan widget2 yang tidak terlalu penting..karena hanya akan membuat blogku menjadi Lola.....Makasih Gan Infonya

    BalasHapus
  14. bagus juga mas. wah .. emang loading blog mas, cepat bangat, sallam kenal ya ...

    BalasHapus
  15. mengenai label saya setuju, maksimal dua label satu artikel saja..

    BalasHapus
  16. bos,, ane mao nanya nih?? coba check html template saya sudah benar belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana SOb?
      Kalau yang http://www.kupunyailmu.com/ itu pakai Template Bawaan, udah ringan walau masih terlihat blog bawaan... tapi, banyak ruang yang kosong dan itu kurang enak keliatanya...

      Hapus
  17. bang saya mau tanya kalau untuk meningkatkan loading dengan cepat walau sudah pasang gambar sedikit namun koq tetep lemot thu gimana caranya bang ,
    coba abang cek aja di http://nuyathaputra1994.blogspot.com

    BalasHapus
  18. keren nih...tapi sih menurut saya tergantung loading internetnya heheheh

    BalasHapus
  19. terima kasih atas artikel yg bermanfaat ini..

    jika berkenan follow back ya.

    BalasHapus
  20. wah makasiya gan atas infonya soalnya blog saya belum cepat ni loadingnya dan sekalian gan tuker link yuk dengan blog saya kalau mau beri tahu saya ya

    BalasHapus
  21. Patut dicoba gan, thanks infonya, cuman yang compres css itu malah nambah berantakan tuh kode, n malah sulit buat ngedit css manual, jadi ane tinggalin aja..

    BalasHapus
  22. gan, kalau biar widget iklan flash tidak berjalan lambat bagaimana caranya?

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!