7 Tips Agar Pede Berbicara di Depan Umum

Gak pede bicara di depan umum memang wajar. Banyak mata yang memperhatikan kita, membuat kita jadi merasa rendah dan kehilangan keberanian. Namun walau bagaimanapun, anda harus mampu dan mau, karena yang namanya Percaya Diri enggak ada sejak lahir, tapi hasil dari pembelajaran. Dan semua orang pasti bisa, kalau dia memang mau belajar. Karena sekali lagi saya tekankan, kemampuan pede kita, bukanlah bakat sejak lahir...

Gambar dari Geotourweb.com

Ada banyak cara tentunya. Namun disini saya ingin memberikan 7 tips agar anda pede berbicara di depan umum. Hanya 7, tapi ini akan bermanfaat buat anda. Apa saja itu, silahkan lihat detailnya:

  1. Atasi Grogi Anda, grogi adalah fakto utama yang membuat anda tidak Pede, dan mengatasinya anda bisa baca postingan 5 Tips Mengatasi Grogi saat berbicara di depan umum.
  2. Siapkan Bahan, Sebelum anda berbicara, anda harus siapkan dulu bahan yang akan dibicarakan. Anda bisa buat konsep-konsep yang jadi pokok bahasan anda. Dengan begitu anda tidak bingung lagi, mau bicara apa?
  3. Latihan Terlebih Dahulu, Ini rahasia saya. Biasanya ketika saya akan Pidato atau yang lainya, saya selalu melakukan latihan dengan cara: membaca bahan kemudian merekamnya dan saya dengarkan beberapa kali. Dengan cara ini, saya jadi lebih lancar saat bicara. Coba buktikan!
  4. Tenang dan Tarik Napas, sebelum anda naik panggung. Sebaiknya anda tenangkan diri terlebih dahulu, silahkan anda tarik napas yang dalam beberapa kali.
  5. Jangan Berpikir Negatif, yang membuat anda tidak pede pada dasarnya karena anda memikirkan hal negatif seperti; penonton akan menertawakan anda, penonton tidak akan tertarik dengan yang anda bicarakan Dll. Sebaiknya anda berpikir positif dan fokus aja sama yang akan nada bicarakan.
  6. Berdiri Tegak, faktanya dengan lebih tegak berdiri. anda akan lebih pede. Coba anda rasakan sendiri.
  7. Lihat Penampilan, pastikan penampilan anda rapi. Agar nanti anda tenang, tidak memikirkan apa yang anda pakai.
  8. Bisa Karena Biasa, artinya karena anda sering berbicara di depan umum. Lama kelamaan anda akan pede juga. Karena pengalaman adalah guru yang paling baik, jadi cobalah beranikan diri anda untuk mau belajar bicara.
  Apa Anda punya tambahan?

18 Responses to "7 Tips Agar Pede Berbicara di Depan Umum"

  1. wah..
    keren nih infonya, bermanfaat sekali.

    #Salam sukses dari saya

    BalasHapus
  2. thanks brow.....atas ilmunya. kebetulan sekali minggu depan saya yang menjelaskan materi ...
    o ya brow, ikutan bisnis brow. hanya 10.000 modalnya, pengahsilannya lumayan. ni alamatnya www.sepuluhribu.com/?id=rizzky

    BalasHapus
  3. wah,,,tips yang bagus dan bermanfaat untuk saya,,yang kurang PD kalau berbicara di depan umum,,terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  4. tips yang sangat bermanfaat sekali,,terima kasih sudah berbagi tipsnya,,

    BalasHapus
  5. bener banget gan tipsnya .. bisa karena terbiasa..

    BalasHapus
  6. saya juga menjadi terbiasa berbicara di depan umum berkat belajar dari organisasi.

    BalasHapus
  7. Setuju kita harus berlatih agar terbiasa didepan umum :)

    BalasHapus
  8. Nah ini nih yang ane cari :D
    makasih udah di share :D

    #Salam Blogger

    BalasHapus
  9. wah..
    keren nih infonya, bermanfaat sekali.

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!