Inilah 9 Tips Untuk Menghindari Penipuan Bisnis Online

Zaman sekarang bisnis online merupakan salah satu media, yang memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak banget lho peluang dan tawaran BISNIS ONLINE, yang bisa memberikan keuntungan lumayan buat pemainnya. Tapi, selain memberi untung juga ternyata punya resiko yang amat besar. Gampangnya menjalankan, bisnis online. Ternyata berpeluang bagi oknum tertentu untuk melakukan penipuan-penipuan, dan tidak bertanggung jawab. Pasti Anda pun tidak ingin kan kalau jadi korbannya, maka dari itu sebaiknya Anda baca dulu 9 tips berikut agar hal yang buruk di dunia online tidak terjadi kepada Anda:


Ok. biar tidak lama inilah 9 Tips menghindari penipuan bisnis online :
  1. Harga Super Miring, Patut di Curigai :Jika ada yang menjual barang dengan harga sangat jauh dari harga aslinya, maka sebaiknya anda jangan beli barang tersebut. Ada kemungkinan mereka adalah penipu atau kalau tidak mereka menjual barang yang sudah pasti tidak sama dengan yang aslinya.
  2. Usahakan Penjualnya Berada Dalam 1 Domisili Dengan Anda :Kalau bisa usahakan beli dari pihak yang berdomisili satu daerah/ kota dengan anda?…Untuk saat ini saya percaya bahwa setiap produk yang anda butuhkan pasti sudah ada penjualnya di daerah yang memiliki domisili yang sama dengan anda.
  3. Usahakan Anda Punya Kenalan Yang Satu Kota Dengan Penjual :Seandainya memang Anda harus membeli produk maupun memakai jasa yang ada di luar daerah Anda, maka yang perlu dipastikan adalah Anda harus memiliki kenalan yang berdomisili satu kota dengan pihak tersebut? Sebenarnya hal itu dilakukan untuk meminimalkan resiko yang dapat merugikan diri Anda sendiri.
  4. Lakukan Pembayaran Dengan Cara COD atau CnC :Jika anda satu kota dengan penjual, maka ajaklah bertransaksi dengan menggunakan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry). Jikai si penjual menolak untuk bertemu anda secara langsung untuk bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry), maka ada baiknya untuk anda mulai waspada, jangan-jangan dia punya itikad yang tidak baik terhadap anda.
  5. Hati-Hati Terhadap Desakan Untuk Segera Melakukan Pembayaran :Jika si penjual mendesak anda untuk segera melakukan pembayaran dengan berbagai macam alasan, maka anda harus waspada. Alasan yang sering digunakan oleh mereka biasanya adalah dengan cara berpura-pura mengaku butuh uang, dsb.
  6. Belilah di Tempat Yang Pernah di Beli oleh Orang Yang Anda Kenal :Jika anda suatu butuh barang lebih baik tanyalah kepada orang-orang yang anda kenal (bukan orang-orang yang baru anda kenal?… ) tapi yang pernah melakukan order di tempat tersebut. Biasanya kemungkinan untuk tertipu sangat kecil sekali (walaupun tetap bisa tertipu)
  7. Usahakan si Penjual memiliki Website (Toko Online) :Walaupun tidak semua, tanpa berniat untuk mencurigai, sepertinya kredibiltas seorang penjual, pedagang maupun pebisnis perlu diragukan jika tidak memiliki website yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar dapat di percaya. Maaf, sekarang ini “banyak” (tidak semua) pedagang khususnya yang membuka lapak di Facebook, KasKus maupun Forum-Forum Jual Beli yang menipu pembeli justru tidak memiliki Website.
  8. Perhatikan Berapa Lama Bergabungnya, Reputasinya, dan Testimonialnya :Walau tidak mutlak, tidak ada salahnya jika anda juga turut memperhatikan point ini. Perhatikan berapa lama dia bergabung dalam menjajakan produknya di situs jejaring seperti Facebook, Twitter maupun di forum-forum jual beli semacam KasKus? Semakin lama dia bergabung, semakin banyak yang membeli produknya dan semakin banyak yang memberi testimoni yang positif maka sepertinya semakin layak untuk dia dipercayai reputasinya.
  9. Gunakan Jasa Pihak Ketiga Yang Terpercaya :Jika nilai transaksi sangat besar, lebih baik gunakan jasa pihak ketiga, macam Rekening Bersama. Memang anda akan dikenai fee, tetapi ini lebih baik daripada uang yang anda kumpulkan dengan susah payah, hilang sia-sia.. Waspadai jika dia menolak menggunakan Jasa pihak ketiga/rekening bersama. Sebaiknya Anda minta rekomendasi dari orang-orang yang sudah terbiasa melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan jasa pihak ketiga yang ada di forum-forum jual beli seperti forum jual beli yang ada di KasKus. Usahakan jangan sampai Anda tergiur dengan tawaran fee yang sangat rendah!

7 Responses to "Inilah 9 Tips Untuk Menghindari Penipuan Bisnis Online"

  1. blognya sudah saya follow, follow balik yah..,.,.
    makasih,.

    BalasHapus
  2. good post,, thanks buat masukanya gan.. :)


    bwt Mau belanja Barang AMAN??
    kunjungi kita ya gan,,follow kita juga :)
    thx

    BalasHapus
  3. @anshari : sudag saya follow balik kang,makasih ya

    @hanya indo : ya ,entar ane berkunjung dah

    BalasHapus
  4. @blogtrik : Terima kasih atas pemberitahuannya.
    kalu boleh, posting dong, Bisnis-Bisnis Onlin yang mungkin Scam, dan yang tidak.. Terima kasih.

    Mantap Infonya...........

    BalasHapus
  5. oh iya lupa Thank's Info AwSurvey..
    gila padahal udah lumayan terkumpul......
    lebih baik sekarang taunya dari pada nanti...

    sekali lagi terima kasih.,,,,,,,,

    BalasHapus
  6. @iday : Ok entar saya posting mas ,sama-sama.

    BalasHapus
  7. Sekarang sdh banyak bisnis2 yg beredar di internet dan saking banyaknya, agak susah untuk membedakannya apa itu beneran atau berkedok penipuan dan alhamdulillah mudah2an dengan tips artikel ini bisa dijadikan pegangan nanti untuk menyelidiki bisnis2 yg ada di internet. Makasih sob....

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!