Tips Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum

Selain kematian, berbicara di depan umum adalah salah satu hal yang paling ditakuti semua orang di dunia. Bayangkan padahal di dunia ini kita dituntut selalu mampu untuk menyampaikan gagasan, keinginan, ungkapan kita di depan publik.

Lalu apa sih yang membuat orang menjadi ketakutan ketika berbicara di depan umum. Penyebabnya adalah rasa grogi. Dan biasanya rasa grogi ditandai dengan mulut seolah tak bisa bicara, badan jadi panas, dan yang paling penting detak jantung yang begitu cepat.


Layaknya detak jantung yang tidak mungkin untuk kita hentikan, grogipun tidak mungkin kita hilangkan. Yang mungkin adalah menguranginya. Nah kali ini saya akan berbagi Tipsnya untuk Anda.

Dan Apa saja Tipsnya?
  1. Tenang. Sebagian besar orang tidak jelas mengucapkan kata, karena saat grogi mereka tidak tenang dan cenderung cepat seakan dikejar sesuatu. Padahal sebenarnya cukup santai saja dengan cara: Atur nafas dengan baik, tariklah nafas perlahan saat anda hendak mengucapkan kalimat dan jangan pernah mengucapkan kata saat anda hendak menarik nafas. 
  2. Jangan Lihat Mata Audience, Tapi Lihatlah Atas Kepalanya. Kebanyakan orang yang grogi panggung disebabkan karena pengaruh terlalu banyak sorot mata yang memperhatikan. Kalau misalkan Anda tidak kuat melihat sekian ribu mata yang menyoroti mata Anda, yang hanya berjumlah dua. Tak perlu melihat matanya tapi lihatlah atas kepala audience, saya tidak pernah bergurau, inilah trik yang saya pakai saat saya menyampaikan pengumuman waktu saya jadi OSIS sekolah.
  3. Bacalah Do'a.  ada banyak doa agar kita lancar saat berbicara ,cuman saya sering memakai doa yang berlafal ""Rabbisyrohli shodri wa yassirli amri wahlul 'uqdatan min lisani yafqahu qauli (QS: Toha:25-28)"  Do'a tersebut di ucapkan sebelum membuka acara atau pidato dan sebagainya. 
  4. Percaya Diri. Tips lainya yaitu percaya diri, orang yang tidak Pede tidak akan mudah untuk mengatasi Groginya karena mereka terlalu sibuk memikirkan penampilan. Jika anda ingin menghilangkan grogi anda. Hilangkanlah rasa tidak percaya diri anda, anda tidak perlu memikirkan penampilan saat berbicara. Misalkan wajah yang kurang sempurna.Tapi anda harus pikirkan pembicaraan anda karena saat anda berbicara di depan umum bukan tampilan yang mereka lihat tapi kalimat yang anda ucapkan. 
  5. Latihan. Ini di perlukan karena setiap sesuatu yang berjalan lancar itu salah satu penyebabnya adalah karena giat latihan. Caranya mudah saja anda bisa berbicara di depan cermin dan perhatikan apa yang kurang kemudian perbaiki. Atau untuk latihan berpidato anda bisa cari contohnya di internet Banyak Kok!
Itulah yang bisa sampaikan kali ini .Semoga bermanfaat untuk dan jangan lupa untuk terus mencari wawasan sebanyak mungkin karena wawasan itu tidak berat di bawa. Kemudian saya menunggu saran dan kritik anda , silahkan anda bisa luapkan di Kotak Komentar .Wasalam...

43 Responses to "Tips Mengatasi Grogi Berbicara Di Depan Umum"

  1. sesuatu bgt...
    jgn sungkan" tuk main k blog sy www.techiru.com
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya sesuatu? Udah gan ane liat barusan blognya, Tuh masih blogger ya, cuman Powerednya diilangin Ya... Hati2 gan entar ketauan Google :D

      Hapus
  2. Wa'alaikum Salam Wr.. Wb..
    Mantab Gan... Tips nya..sangat berguna...!!!

    Salam Blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau menurut Agan berguna...

      Salam Blogger...

      Hapus
  3. Latihan yang harus dilakukan. Berani bertanya saat belajar dikelas, berani maju ke depan untuk menjawab pertanyaan guru.

    Latihan tidak harus selalu dengan tampil depan umum.. Bercerminpun bisa.. :)

    BalasHapus
  4. waduh....
    kalau kepala audience nya disorot nanti malah ketawa lagi apalagi audience yang kepalanya botak.

    BalasHapus
  5. nyummy... wah manfaat banget nih..
    kebetulan sy suka gemetaran kalo urusan presentasi..

    sandyprayoga.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalo sampe disun di atas panggung :P

      Hapus
    2. Hmm,,, Iya saya juga suka gemeter kalo presentasi, tapi ngatasi cukup berjalan-jalan aja gan. Jangan diem ditempat. Biat Gemeternya gak keliatan...

      Hapus
  6. Keren infonya sob,,

    ohh yaa,, linknya sudah saya pasang di blog saya :)
    silahkan di cek yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke... Makasih ya... Bentar kok gak ada... dipasang dimana ya?

      Hapus
  7. Ini nih problem aku
    Susah kalo ngomong di depan banyak orang

    BalasHapus
  8. yang paling saya rasakan saat di depan publik itu tidak tenang ... terkadang selalu menginginkan pembicaraan saya cepat selesai. tapi mudah-mudahan dengan tips ini saya bisa lebih mahir lagi berbicara di depan publik. tks yahh infonya ,,

    BalasHapus
  9. Wah makasih tipsnya...kebetulan saya lagi belajar bicara di depan umum supaya lancar...

    BalasHapus
  10. thanks infonya gan, jngan lupa mampir ke blog saya

    BalasHapus
  11. Nah ane emang sering banget tuh gan Kagok, atau Grogi kalo di depan orang" apa lagi mesti ngomong ..

    BalasHapus
  12. terima kasih atas tipsnya.. sangat menarik..

    BalasHapus
  13. tenang adalah kunci kelancaran berbicara.

    BalasHapus
  14. jangan lihat mata audience, tapi lihat atas kepalanya :D

    BalasHapus
  15. ini nih yang saya cari, makasih gan. harus siap ini pokoknya :)

    BalasHapus
  16. mantapp!! Terima kasih tipsnya ....
    doakan moga aku sukses ya ...
    cuma, maaf mau sedikit koreksi do'anya
    "Rabbisyrohli shodri wa yassirli amri wahlul 'uqdatan min lisani yafqahu qauli (QS: Toha:25-28)

    BalasHapus
  17. mampir sejenak sambil baca artikel sobat , Tuker link yuk sob sama blog sederhana saya :)

    Oiya follow blog saya nanti saya akan folback 4 kali . ayoo buruan follow ^_^

    BalasHapus
  18. Terima kasih banyak mas atas sharingnya, saya adalah satunya...
    Saya sangat grogi kalo berbicara di depan umum, misalkan di depan kelas.
    Tp saya cukup memaksa dan selalu niat, dan juga saya baru saja baca tips diatas. Semoga bisa membantu saya untuk menghilangkan rasa grogi tsb.

    *

    Mas, bisa tukeran link nggak? Kalo bisa konfirm ke blog saya ya?

    BalasHapus
  19. terkadnag saya sering kuga grogi
    trims atas infonya

    BalasHapus
  20. mungkin sebelum kita naik ke panggung kita harus bener paham apa yang akan disampaikan nanti x gan ya,karna pengalaman sy grogi klo disuruh naik mendadak,,,thx gan infonya

    BalasHapus
  21. Syukron, Tipsnya...
    Mampir Blog ane Juga ya, KAWAN

    BalasHapus
  22. wah info keren nih, mampir ke blog saya yah bersamampu.blogspot.com/2013/01/cara-mengatasi-grogi.html

    BalasHapus
  23. wah info nya bagus banget nih, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  24. terima kasih atas tips dan triknya sobbb!!!

    BalasHapus
  25. infonya sangat menarik....lanjut terus mas sugeng....template ini apa sama dg yang aq beli dulu ta ?

    BalasHapus
  26. Nungga mantap iiii kedan

    BalasHapus
  27. sippp saya coba sobatt tipsnya nieh!!!

    BalasHapus
  28. thanks info ny....
    Ini sgt brmanfaat

    BalasHapus
  29. Ini yang ane cari gan..
    makasih infonya gan..siap praktek :v

    BalasHapus
  30. semoga saja besok aku bisa menjalaninya setelah membaca artikel ini
    thanks before

    BalasHapus
  31. Inti jangn kita berbicara dngn nada yg ringan,, tidk sperti dikejar2,, ad sih prasaan pngen cpet2 siap,, cpat2 duduk lagi,, usahakan buang rasa sperti itu... Mksih

    BalasHapus
  32. yang sohih gini fren doanya, ada salah ketik ituu

    Robbisrohli Sodri wayassirli amri wahlul ‘uqdatanmillisani yafqohu qouli

    BalasHapus
  33. Wow amazing, Nice content I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion Thanks to sharing thanks! Women Magnet Formula

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!