Inilah 8 Kecerdasan Yang Dimiliki Manusia

Assalamualaikum.Wr.Wb | Anda mungkin hanya tahu, kalau orang yang cerdas itu adalah orang yang pintar IPA atau Matematika saja, padahal sebenarnya setiap orang di lahirkan dengan kecerdasannya masing-masing. Iya, setiap orang memiliki kecerdasannya yang berbeda-beda, namun karena kita tidak sadar atau belum tahu, kecerdasan apa yang dimiliki diri kita. Maka kebanyakan mereka menganggap dirinya bodoh, hanya karena tidak pintar menghitung. Padahal, sebenarnya dia bukan bodoh, tetapi kecerdasanya bukan pada bidang tersebut. Lalu apa kecerdasannya?

Prof Howard Gardner menyatakan tentang 8 kecerdasan manusia yang berbeda, untuk menjelaskan di mana potensi kita sebenarnya berada, oke berikut 8 kecerdasan tersebut:

  1. Kecerdasan Logika Matematika, yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan pola-pola teratur, angka-angka, perjumlahan dan sebagainya. Biasanya orang yang memilki kecerdasan ini pintar Matematika, namun sangat lemah dalam berbicara atau menulis. Kemampuan ini, nantinya akan cocok berprofesi sebagai ahli komputer, pemograman, peneliti, guru matematika, akuntan dan lainya. 
  2. Kecerdasan Bahasa, Yaitu kecerdasan dalam menyusun kata, mengingat sesuatu, dan sangat pandai dalam berbicara. Kecerdasan ini, bisa juga membuat dirinya mampu mendorong, membangkitkan, memberi semangat kepada orang lain. Cocok sekali jika berprofesi sebagai penulis, pengacara, penyair, komentator, motivator, host, dan lain-lain.
  3. Kecerdasan Intrapersonal, yaitu Kecerdasan Untuk memahami perasaan, Mimpi-mimpi, ide, serta gagasan milik pribadi. Profesi yang sesuai dengan kecerdasan tersebut adalah Psikolog, Kesehatan Mental, Konselor, pemuka agama, Terapis dan lain-lain.
  4. Kecerdasan Interpersonal, yaitu kecerdasan untuk memahami orang lain, memerhatikan tujuan tujuan mereka, maksud dan kepribadian mereka, serta belajar secara efektif dengan mereka. Konsultan, Penjual, sosiolog, Politikus, adalah profesi yang cocok untuk kecerdasan tersebut.
  5. Kecerdasan Kinestetis Jasmani, yaitu kecerdasan untuk menggunakan keterampilan motorik kasar dan halus di bidang olahraga. Profesi yang sesuai dengan kecerdasan tersebut adalah Atlet, Model, Koreografer, Artis, Penari, Angkatan bersenjata ( Polri / Abri ) perawat, dokter dan sebagainya.
  6. Kecerdasan Visual-Ruang, yaitu kecerdasan untuk melihat serta menciptakan perbedaan, keseimbangan dan komposisi didalam tayangan visual atau ruang. Profesi yang sesuai adalah Arsitektur, dekorator, fotografer, penjahit, designer, sutradara dan lain-lain.
  7. Kecerdasan Musikal, yaitu kecerdasan untuk menikmati, menampilkan dan membuat gabungan lagu/musik termasuk kepekaan dalam menentukan nada, irama, dan merespon elemen-elemen tersebut secara emosional/tersirat terhadap dampak emosional dari elemen-elemen tersebut. Anda pasti sudah tahu, profesi apa yang cocok untuk kecerdasan ini? Ya.. Pemain music, editor musik, pemimpin orkestra, terapis musik dan lain-lain.
  8.  Kecerdasan Naturalis, yaitu kecerdasan untuk mengenal flora dan fauna, memiliki ketertarikan dengan alam dan fenomenanya, melibatkan pengetahuan yang muncul ketika berinteraksi dengan alam, termasuk proses pengenalan, pemahaman dan penghargaan terhadap alam. Profesi yang cocok untuk kecerdasan tersebut adalah Pemandu wisata, pawang binatang, ahli perkebunan, ilmuwan biologi dan fisika, ahli cuaca dan masih banyak lagi.
Itulah 8 kecerdasan yang dimiliki manusia. Kalau saya sendiri lebih kepada kecerdasan bahasa, karena saya sangat sulit untuk belajar menghitung, tetapi saya cukup pintar berbicara dan menulis,”CIEE”,”PAMER NIH”. Bukan pamer dan sombong, tetapi kita harus sadar dan tahu kecerdasan kita, supaya nanti kita lebih tahu apa yang harus di kembangkan dalam diri kita ini, begitu. Nah, sekarang saya pengen tahu, kecerdasan apa sih yang dimilki oleh pengunjung blog ini, ok tolong isi sebentar ya di kotak komentar. Saya tunggu Lho...

7 Responses to "Inilah 8 Kecerdasan Yang Dimiliki Manusia"

  1. seh.... mantab infonya... gan...
    kalau ane apa ya.... jiakwkwkwkwkwk.. kayaknya bisa binggung ntar.... nebaknya.... jiakwkwkwkwkkw...

    salam blogger gan...

    BalasHapus
  2. Semuanya kecerdasan di atas sebetulnya sdh ada pada diri masing2 pribadi, tinggal kita aja kok yg menggali potensi tsb untuk dikembangkn. Tapi memang ada kecenderungan untuk memaksimlkn salah satunya aja. :D

    BalasHapus
  3. stiap individu sama,, cuma bgaimana individu itu mngmbngkan dirinya

    BalasHapus
  4. Saya sih lbh suka sma yg brmain logika matematika..

    BalasHapus
  5. Sejauh ini saya merasa memiliki kecerdasan visual-ruang. Dan memang karena saya menyukai bidang tersebut.

    BalasHapus
  6. kalau kita bisa mengasah setidaknya satu kecerdasan saja pasti bisa menjadi bakat yang luar biasa

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!