Tips Menghilangkan Kerak pada Cooling Tower

Cooling tower atau menara pendingin adalah alat pembuangan atau penghilang panas yang digunakan untuk memindahkan kalor buangan ke atmosfer. Menara pendingin memanfaatkan uap air atau udara dalam proses mendinginkan. Pada umumnya menara ini banyak digunakan pada pusat pembangkit listrik, kilang minyak, pendingin gedung,dan pabrik kimia. 


Saat mendinginkan suatu mesin, maka temperatur airnya akan naik. Misalnya saja temperatur awal air adalah T1, kemudian setelah digunakan untuk mendinginkan, temperaturnya akan naik menjadi T2. Di sinilah fungsi cooling tower bekerja, yaitu untuk mendinginkan kembali, dari temperatur T2 menjadi T1 melalui blower/fan dengan bantuan angin. Proses ini terjadi secara berulang, terus-menerus. Namun kinerja tersebut dapat mengalami hambatan jika terjadi korosi dan kerak. 

Korosi pada logam dapat terjadi karena pH atau tingkat kelembaban yang rendah. Penyebab lainnya adalah bakteri yang menghasilkan asam sulfat. Sedangkan pembentukan kerak diakibatkan oleh kandungan padatan yang terlarut dan material anorganik yang mencapai kontrol batas. Khusus untuk mengatasi terjadinya kerak dapat dicegah dengan cara mengontrol pH. Namun jika sudah terjadi pengerakan, maka pembersihan harus segera dilakukan secara berkala agar tidak mengganggu proses pendinginan. Hal juga ini dilakukan sebagai proses pemeliharaan atau perawatan, sehingga alat tersebut memiliki jangka waktu kinerja yang lebih panjang. 

Salah satu jenis produk pembersih kerak air yang diproduksi oleh Drathon Industrial Maintenance, memiliki tingkat efisiensi tinggi dalam proses pembersihannya. Produk yang termasuk ke dalam Drathon chemicalsinidiluncurkan dengan nama Powder Descaler. Produk dengan seri Drathon 32 inimemiliki bentuk powder atau bubuk yang aman dan tidak berbahaya. Kandungan bahannya sangat efektif dan efisien untuk membersihkan berbagai macam jenis kerak air, baik yang terjadi pada cooling tower, radiator, maupun boiler. Selain itu, bubuk pembersih ini juga dapat diaplikasikan untuk membersihkan noda besi pada keramik, logam, dan lain-lain. 

Dalam pemakaiannya, Powder Descaler dicampur dengan air, dengan perbandingan 1:10 sampai 1:20. Bahan ini aman tersentuh tangan dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan perusahaan yang mendistribusikan produk ini adalah PT Libratama sebagai pakar dalam bidang penyedia produk pemeliharaan industri, seperti pembersih elektronik, produk anti api (fire extinguisher), rangkaian produk perbaikan pipa, kompresor, lampu hemat energi, mikroprosesor, peralatan industri berbasis pneumatik, alat berat, tank linings, battery diagnosis, dan masih banyak lagi.

5 Responses to "Tips Menghilangkan Kerak pada Cooling Tower"

  1. Nice info Gan... Kemarin di tempat industri saya memang ada yang mengalami masalah kayak gini... Towernya rusak, semacam di atas... Mkasih gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip,,, nice comment gan... smoga cepet sembuh gan towernya... sama2...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mkasih gan atas koment pedasnya,,, tapi ngomong2 klo artikel disini jelek, ko ada yg dicopas dblog agan ya :)

      Hapus
  3. Kunjungi Perdana Nih sob, blognya keren nih dan juga fast loading :D..
    Jangan lupa mampir ke blog saya yah sob Planet Ajaib terimakasih sob.

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!