9 Trik Mudah Mengatasi Handphone Android Yang Lemot

Tips-Trik | Secanggihnya HP bersistem operasi Android. Jika digunakan tanpa perawatan akan mengalami hal mumet yang namannya lemot. Dan ini terjadi beberapa hari lalu kepada teman saya, yang kebetulan memiliki Handphonenya. Dan seperti biasa dia bilang "Kan loe tau banyak trik gan. Brarti bisa donk benerin Android Gue yang lemot?". Saya sih gak jawab "Nggak Bisa" waktu ditanya gitu. Tapi saya ambil HP nya dia, dan saya cari Trik Mengatasi Handphone Android Yang Lemot di Google.


Dan saya memnemukan 9 Trik mengatasinya. Dan ini yang saya pikir adalah yang paling mudah. Nah! Kali ini saya ingin berbagi juga Triknya kepada anda Sobat Setia BoyTrik (Kalo Ngaku Sobat Setia :v) tapi ngaku ja ya!!! :D Siapa tau anda juga mengalami masalah yang sama pada Android anda. So. kalo Iya. Ya inilah Triknya....

  1. Hapuslah "Cache" pada Memori Internal. Ini adalah masalah utamanya. Sering kali cache menumpuk di memori internal HP Android. Setiap saat terus bertambah, dan membuat Android anda bertambat Lemot. So, hapuslah Cache dalam Memori Internal, saat Android anda terasa Lemot.
  2. Jangan terlalu banyak menjalankan Aplikasi dalam Serentak. Salah satu kelebihan SmartPhone Android adalah "Multi Tasking", istilah untuk dapat menjalankan Aplikasi bersamaan. Namun karena kebanyakan Smartphone yang memliki sepesifikasi rendah tidak tahan dengan ini, dan berakibat menjadi lemot. Artinya kalo merasa Spek HPnya rendah, usahakan minimalis penggunaan aplikasi secara serentak.
  3. Pindahkan/Installkan Aplikasi ke Memori Ekstenal. Nah ini kesalahan yang dilakukan teman saya. Semua Aplikasi yang dia Install letaknya ada di memori internal. Dan ketika saya pindahkan ke Memori Eskternal atau Micro SD. HP android dia langsung Jos lagi.
  4. Pasang Aplikasi yang sesuai Spesifikasi HP. Banyak bertebaran Aplikasi keren dan canggih untuk Android. Namun bagi Ponsel yang speknya tidak sesuai akan mengalami Lag dan jadi Lemot. So, saat install perhatikan juga Spek software dan sesuaikan dengan perangkat anda.
  5. Matikan AutoRotate. AutoRotate memang keren. Namun ini adalah salah satu penyebab lemotnya. Jadi jika memang nggak perlu, lebih baik matikan. Agar Android anda kecepatannya maksimal.
  6. Matikan AutoBrightness. Ini juga sama. Memang mengaktifkan AutoBrightness dapat menghemat baterai. Namun konsumsi kepada memori juga tidak sedikit. Lebih baik matikan menurut saya. Dan set aja manual.
  7. Matikan AutoUpdate Aplikasi. Satu lagi nih. Auto Update juga sama. Memang Praktis. Tapi bagi yang mau ngatasin lemot. Saran saya matikan juga ya.
  8. Kurangi Jumlah Widget. Widget-widget yang terpang di layar Android anda berpengaruh sekali. Jadi, sekali lagi kurangi, dan pasang saja widget yang memang lebih berguna.
  9. Gunakan Factory Reset. Ini dia yang paling manjur. Dengan Factory Reset anda dapat mengubah/menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan Otomatis. Tapi, hati-hati aja gunainnya ya...
 Ya itulah yang saya temukan di Google. 9 Trik Mudah Mengatasi Handphone Android Yang Lemot, semoga berguna. Dan bagi anda yang telah mencoba Triknya. Tolong komen ya hasilnya gimana. Terus yang punya tambahan share juga ya. Saya tunggu...

9 Responses to "9 Trik Mudah Mengatasi Handphone Android Yang Lemot"

  1. Yang punya tambahan tolong di Share disini ya... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet lagi tips yang OK nih..
      heheheh
      thanks alot buat adminnya udah sharing. :)

      salam kunbal Bandung IT

      Hapus
  2. Belum punya android mas tapi buat teman yang punya android mudahan androinya jadi tidak lemot lagi.

    BalasHapus
  3. ilmu nih buat yang punya android, saya baru rencana pengen punya...ijin disimpen dulu lah ilmu

    #blognya keren gudang ilmu pisan euy...templatenya juga enteng, visitornya juga melebihi satu juta, mantap...kang

    BalasHapus
  4. Nice Info sob,, kebetulan ane make Android dan kadang2 suka lemot T_T

    BalasHapus
  5. Masih setia pake S60V3 mas :D Salam kenal yaa :)

    BalasHapus
  6. oww ternyata pengaruh android lemot karna banyak widgetnya, pantesan saja lewmot, androidku full widgetnya... hahaha

    BalasHapus
  7. Mantapp choy...
    Tp ada problem dkit neh.
    di jelly bean 4.2.2 sering force close . Ada yg bisa kasih solusi ga sobt.

    BalasHapus

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!