Trik Mengenal 5 Sifat Audiens Dari Pancaindera Mereka PART 2

Tips dan Trik | Oke para Speaker semuanya. Saya pikir ketika Anda punya niat membaca postingan kali nih, yang bertopik Public Speaking. Anda tentu juga punya niat untuk jadi seorang Speaker (Pembicara). Dan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul, "Mengenal 5 Sifat Audiens Dari Pancaindera Mereka" So ini PART 2 nya Men. Bagi yang belum baca PART 1, silahkan baca dulu DISINI. Bagi yang udah, yo lanjuttt...


Di PART 1 BoyTrik jelasin 3 Sifat Pancaindera Visual, Audiotory, dan Kinestetis. Berarti sekarang kita bahas sama-sama sisanya. Alfactory (pencium) dan Gustatory (perasa).

  1. Alfactory. Masih pada umum sebetulnya. Seorang Alfactory cenderung lebih suka mencium Apa yang Speaker bicarakan. Gak ngerti kan? sama saya juga :D . Ya udah lanjut Aja... :v
  2. Gustatory. Seorang gustatory akan begitu menyimak dengan penuh rasa. Seandainya yang Anda sampaikan sedih, mereka akan menangis. Lucu mereka akan tertawa. So, berlatihlah untuk berbicara dengan penuh perasaan. 
Masih belum puas? sudah saya prediksi. Maaf jika di PART 2 agak sedikit membingungkan, tapi baca saja sampai habis. Anda akan mengerti. :) Oya, sesuai janji saya di PART 1. Sudah saya siapkan BONUS, "Trik Berbicara di Depan Semua Orang Yang Bersifat VAKOG (Visual, Auditory, Kinestetis, Alfactory, dan Gustatory)". Karena ketika Anda Berbicara di Depan Umum. Mereka semua pasti terdiri dari banyak sifat pancaindera, VAKOG pasti ada. Lantas Apa saja Triknya? Triknya ada pada:

1. Pemilihan Kata.
2. Mengajak Audiens Bergerak (Games).
3. Iringi Musik.
4. Tayangkan Gambar/Video.
5. Mainkan Emosi Audiens (Renungan).

Tapi kalau saya jelasin satu-satu, Postingan ini akan panjang, dan sulit untuk dicerna. Jadi saya akan bahas Trik No. 1 dulu, Tentang PEMILIHAN KATA: Pilihlah kata-kata yang mewakili semua indera mereka (VAKOG). Karena sebenarnya hampir semua orang memiliki kelima indera tersebut. Tapi ada yang cenderung ke Visual, Audiotory, atau yang lainnya. Jadi sekali lagi dalam berbicara pilihlah, atau cantumkan kata dalam kalimat Anda, yang mencerminkan semuanya. Untuk lebih jelas, simak rincian dibawah ini.

  1. Untuk Orang Visual. Anda harus memilih kata yang berhubungan dengan PENGLIHATAN. Contoh dalam kalimat, "Saya MEMANDANG Negara ini..." atau, "Di PENGLIHATAN saya Sekolah itu..." atau, "Dari hasil PANTAUAN saya...". 
  2. Untuk Orang Auditory. Pilih kata yang berkaitan dengan PENDENGARAN. Seperti, "Kami dapat MENDENGAR suara hati Anda". 
  3. Untuk Orang Kinestetis. Pilih kata seperti dalam kalimat, "Mari kita BAKAR semangat..." atau, "Segera AMBIL kesempatan ini...". Intinya pilih kata-kata yang mendorong mereka untuk BERTINDAK. 
  4. Untuk Orang Alfactory. Cari kata seperti, "AROMA Korupsi ini memang TERASA..." atau, "Kartini TERASA harum DICIUM sejarah". 
  5. Untuk Orang Gustatory. Hampir sama denfan Alfactory. Anda cukup memilih kata seperti, "Pengalaman ini seperti TERASA pahit bagi saya...". 
NB: Selanjutnya Anda tinggal mencampurkan kalimat-kalimat seperti diatas, dalam pembicaraan Anda. Hingga dapat mewakili semuanya. Baik cukup ya untuk kali ini. Untuk pembahasan detail tentang No. 2 Mengajak Audiens Bergerak, dan 3 Point lainnya. Akan di posting di moment berikutnya. Tentu Anda harus pantengin terus Public Speaking di BoyTrik ;)

Sebelum di tutup. Tambahan, kritik, saran, atau pertanyaan Anda saya tunggu di kotak komentar. Dan tolong SHARE plus LIKE ya... :)

0 Response to "Trik Mengenal 5 Sifat Audiens Dari Pancaindera Mereka PART 2"

Posting Komentar

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!