Trik Mengenal 5 Sifat Audiens Dari Pancaindera Mereka PART 1

Tips dan Trik | Bagi Anda yang pernah mempelajari NLP (Neuro Linguistik Programing), pasti sudah tidak asing dengan istilah yang akan Saya dan BoyTrik paparkan kali ini. Bagi yang belum pernah mempelajari, tidak masalah. Baca terus artikel berlabel Public Speaking ini. Dan wajib di baca! Terutama bagi yang mengikuti postingan-postingan Public Speaking disini...


Istilah Trennya dalam NLP adalah VAKOG (Visual, Auditory, Kinestetis, Alfactory, dan Gustatory). Namun terlalu pusing untuk mengenal semuanya di Part 1. Cukup 3 saja dulu. Yang Visual (Penglihatan), Auditory (Pendengaran), dan Kinestetis (Peraba).

Sedikit ciri dari orang Visual mereka berpikir dan berkata berdasarkan gambar. Jadi kalo Anda bicara, mereka akan sering berkomentar, "Saya melihat maksud Anda", atau "Ide anda tampaknya cemerlang bagi saya". Kalau orang Auditory biasanya berkata begini, "Kedengarannya bagus", atau "Ini terdengar mengejutkan bagi saya". Terus yang kinestetis biasanya, lebih suka menyentuh atau memegang sesuatu. Kalo Anda selesai bicara, kemungkinan besar dia akan maju kepanggung, dan minta izin untuk melihat dan menyentuh benda yang tadi anda jelaskan.

Nah yang diatas itu sebagian kecil. Ingin mengenal lebih jauh, baca lanjutannya... Cekiiiitttt Dottt...

  1. Orang Visual. Selalu dan 99% ingin melihat gambar-gambar di layar proyektor Anda. Maka sudah tentu Anda butuh Slide Presentasi dan gambar-gambar yang dijelaskan dalam contoh. Mengapa ? Karena bagi mereka gambar-gambar dan grafik, lebih meyakinkan, dari pada hanya kata-kata yang Anda ucapkan. 
  2. Orang Auditory. Bisa disebut kebalikan dari orang Visual. Mereka lebih suka menengarkan perkataan anda saja. Memperhatikan bagaimana kata-kata itu keluar dari mulut Anda. Disini Anda harus belajar bermain dalam volume, gaya bicara, intonasi suara, dan itu harus anda mantapkan lagi. Mereka juga bisat tau. Apakah Anda Pede Berbicara di Depan Umum atau TIDAK? 
  3. Orang Kinestetis. Sudah pasti mereka ingin menyentuh, apa saja yang Anda jelaskan didepan. Dan jelas Anda tidak boleh melarang mereka. Bahkan, ketika Anda sedang bicara. Mereka justru sering menulis di buku, walaupun Anda tidak perintah sekalipun. 
Baik sudah cukup untuk Part 1 ini. Nanti di Part 2 akan saya jelaskan sisanya yaitu Alfactory (Penciuman), dan Gustatory (perasa). Plus untuk BONUS saya paparkan juga "Trik Berbicar di Depan Semua Orang Yang Bersifat begitu". Dan kata-kata apa yang bisa mewakili kelima sifat Pancaindera mereka. Oke tunggu saja, dan terus pantengin BoyTrik...

Terakhir banget. Bagi Anda yang ingin berkomentar, kritik, memperbaiki, atau bertanya. Silahkan luapkan semuanya di kotak komentar bawah. Juga PLEASE SHARE dan SUBCRIBE juga :)

0 Response to "Trik Mengenal 5 Sifat Audiens Dari Pancaindera Mereka PART 1"

Posting Komentar

Terimakasih ya udah repot-repot berkunjung kesini. Dan sebagai tanda jejak, dengan senang hati saya menerima setiap Komentar dari Anda. Dan bagi Anda yang Blogger, boleh menyematkan LINK di Namanya, biar Nanti saya bisa berkomentar Balik Keblog Anda!!!